Hai.. selamat datang di blog Saya. Ini hanya tempat saya cerita, berolahraga jari, sarana berlatih menulis, dan menyebarkan energi yang didapatkan dari setiap 'Matahari' yang saya temui setiap hari. Terima kasih sudah mampir ya.. =) Salam, Jefrin Goeltome
Get Gifs at CodemySpace.com
Photobucket

Musik Galery

Thursday 20 October 2011

Hubungan Pernikahan Jarak Jauh

TwitThis
Menikah memang mudah, tapi mempertahankan pernikahan tidak mudah. Terbukti banyak pasangan gagal membina rumah tangga karena gagal menyesuaikan diri satu sama lain. Pernikahan adalah penyesuaian diri seumur hidup, karena masing-masing berubah dan berkembang seuai usianya.
Hubungan pernikahan lebih rumit manakala keduanya terpaut jarak, alias hubungan pernikahan jarak jauh. Seperti Teman saya alami sekarang, ceritanya curhat dan berbagi pengalaman. Walaupun mereka hanya terpisah dalam jangka waktu 6 bulan, tapi jujur saja ada perbedaaan kualitas hubungan di antara kami. Saya merasa sangat kagum dengan pasangan yang masih bisa menjaga hubungan pernikahan dengan baik walaupun terpaut jarak selama bertahun-tahun.
Masalah utama dalam hubungan pernikahan jarak jauh adalah keintiman di antara suami istri. Karena jarang bertemu secara fisik, keintiman menjadi lebih sulit didapatkan. Pasangan suami istri menjadi lebih sensitif dan lebih cepat terjadi salah faham (beneran curhat deh).
Tapi, bagaimana pun banyak pasangan yang bisa berhasil menjalani hubungan seperti ini dan mereka juga berusaha supaya hubungan mereka bisa lebih mulus. Berikut tips yang mungkin bermanfaat:
1. Putuskan pembicaraan pada saat tidak ada lagi yang ingin dibicarakan. Kedengaran saran yang aneh, tapi ini pengalaman pribadi. Ketika pembicaraan sudah mengarah membosankan, jika diteruskan hanya akan berakhir dengan pertengkaran. Jika kami ngobrol dengan yahoo, saya biasanya tidak mengharuskan membicarakan sesuatu, cukup melihat aktivitas mereka, sudah mengobati sedikit kerinduan.
2. Berbagi pengalaman keseharian lebih detil. Saya biasa berbagi pengalaman jalan-jalan ke mana dengan menunjukkan peta Google. Hal ini bisa lebih memberikan gambaran yang lebih jelas di mana kita berada.
3. Jangan memperdebatkan hal-hal kecil. Karena secara fisik tidak berdekatan, hal-hal kecil bisa memicu masalah besar. Kadang saya harus lebih sabar menghadapi hal seperti ini. Kita harus terus berprasangka baik tentang apa yang terjadi, misalnya anggap saja kemarahan yang ditimbulkan karena perasaan kangen yang tidak tertahankan dan tidak tahu harus bagaimana mengekspresikannya.
4. Selalu menikmati saat-saat bersama. Bicarakan hal-hal lucu yang terjadi atau gossip-gossip terbaru yang ringan-ringan. Kami juga punya ide-ide kecil misalnya membaca bersama, bermain game bersama di internet, hal-hal kecil yang biasanya dilakukan di rumah bersama.
Bagaimana pun, ini pelajaran berharga bagaimana sebuah keluarga khususnya pernikahan harus selalu dijaga keharmonisannya oleh kedua pihak, suami dan istri. Khususnya hubungan pernikahan jarak jauh, harus lebih dikuatkan masalah komitmen, komunikasi, kepercayaan dan disiplin dari kedua pihak supaya hubungan tetap berjalan dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tnggalkan Komentar Anda

 

Tentang saya

Easy Blog Trick

Twitter Blog Templates © Copyright by Catatan Bang Goeltom | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks